Material Manajemen

banner_nav_services_materialDESKRIPSI

Manufaktur menciptakan kekayaan dengan menambah nilai barang. Untuk meningkatkan produktivitas dan kekayaan, perusahaan harus terlebih dahulu merancang sistem yang efisien dan efektif untuk manufaktur. Kemudian sistem ini harus dikelola untuk penggunaan tenaga kerja, modal, dan material yang terbaik. Salah satu cara yang paling efektif untuk melakukan ini adalah melalui perencanaan dan pengendalian aliran material ke dalam, melalui, dan keluar dari manufaktur. Ada tiga elemen dalam sistem aliran material (material flow system): pasokan (supply), perencanaan dan pengendalian manufaktur (manufacturing planning and control), dan distribusi fisik (physical distribution). Mereka terhubung, dan apa yang terjadi dalam satu sistem mempengaruhi sistem yang lain.

Manajemen Material atau Materials Management merupakan semua aktifitas yang dibutuhkan untuk mengatur aliran bahan baku (material) dari suplier melalui aktifitas perusahaan menjadi produk jadi yang sampai pada pelanggan. Material management perlu dilakukan secara efektif dan effisien dalam hal pembelian, penerimaan, penyimpanan, dan penggunaan material, sehingga akan membantu kelancaran proses produksi operasi, pelayanan pada konsumen akhir, dan menunjang keberhasilan pencapaian keuntungan perusahaan. Bahasan pelatihan ini mencakup mengapa manajemen material / material management diperlukan, material handling, pengendalian persediaan, metode-metode manajemen material, dan keterkaitan manajemen material dengan manajemen-manjemen yang lain beserta contoh studi kasus permasalahan yang terkadang timbul dalam pengelolaan material di perusahaan.

MATERI

1. Mengapa manajemen material diperlukan
2. Pengendalian produksi

  • Pembelian
  • Penerimaan
  • Manajemen persediaan material
  • Produksi

3. Pengendalian persediaan
4. Konsep Material Handling
5. Metode Manajemen Material

  • Pembelian just-in-time
  • Kanban system
  • ABC Classification System

6. Teknologi manajemen material.

  • Robotic
  • Automated storage and retrieval systems.

7. Pengintegrasian dengan manajemen persediaan, dan perencanaan penggunaan material, dan perencanaan sumber daya manufaktur.
8. Studi kasus beserta pemecahannya

PESERTA

Pelatihan ini ditujukan untuk para petugas mulai dari level operator hingga supervisor pada departemen operasi, misalnya pada bagian pembelian, bagian penerimaan barang, bagian penyimpanan barang, dan bagian penggunaan barang

INSTRUKTUR

Ir. Setiawan Hardan, MT

WAKTU & TEMPAT

26 – 28 Agustus 2014
08.00 – 16.00 WIB
Hotel Grand Aston Yogyakarta

METODE

Presentation, Discussion, Case Study, Evaluation Pre test & Pos Test

FASILITAS

1. Training Module
2. Training CD contains training material
3. Certificate
4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
5. Jacket or waistcoat or T-Shirt
6. Bag or backpackers
7. Training Photo
8. Training room with full AC facilities and multimedia
9. Once lunch and twice coffeebreak every day of training
10. Qualified instructor

REGISTRASI

Biaya kursus: Rp. 6.000.000,- per peserta (Non Residential)

(BX)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.