Sistem Pengendalian Internal Rumah Sakit

Sistem Pengendalian Internal Rumah Sakit

Sistem Pengendalian Internal Rumah Sakit
Sistem Pengendalian Internal Rumah Sakit

DESKRIPSI

Sistem Pengendalian Internal Rumah Sakit — Rumah sakit merupakan suatu organisasi yang memiliki tujuan utama yaitu dalam kehidupan sosial dengan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat dengan sarana dan prasarana serta sumber daya yang ada. Sebagai sebuah institusi kesehatan yang profesional, sebuah instansi rumah sakit selalu memberikan pelayanan medis terbaik dengan menyediakan tenaga medis profesional seperti dokter, perawat, dan tenaga ahli kesehatan lainnya yang sudah tidak diragukan lagi kemampuannya. Dalam perkembangannya, rumah sakit masa kini bukan lagi berfungsi sebagai lembaga sosial semata, tetapi merupakan lembaga bisnis yang patut diperhitungkan keberadaanya.
Perubahan fungsi ini terjadi dengan banyak ditemukannya penyakit-penyakit baru maupun teknologi pengobatan yang semakin maju. Sistem informasi telah mempengaruhi pula pelayanan rumah sakit, diantaranya dengan dibutuhkannya dalam rangka memenuhi tuntutan masyarakat akan ketepatan dan kecepatan pelayanannya serta mutu secara keseluruhan.
Bisnis Proses dan Sistem informasi akuntansi rumah sakit merupakan salah satu komponen yang penting dalam mewujudkan upaya peningkatan mutu tersebut. Sistem informasi akuntasi rumah sakit secara umum bertujuan untuk mengintegrasikan sistem informasi akuntansi dari berbagai subsistem bisnis proses dan mengolah informasi yang diperlukan sebagai pengambilan keputusan. Manajemen rumah sakit menghendaki pengelolaan rumah sakit yang efektif dan efesien. Efektif dalam arti tingkat keberhasilan penanganan terhadap pasien cukup tinggi dan efesien berarti optimal dalam penggunaan sumber daya rumah sakit yang ada. Suatu upaya serius dan terencana harus ditempuh agar keinginan tersebut dapat tercapai.
Sistem proses yang dirancang khusus untuk membantu proses pengolahan data di rumah sakit adalah teknologi informasi berupa Sistem Informasi Akuntansi dan Bisnis proses rumah sakit. Informasi merupakan aktivitas (asset) penting suatu rumah sakit dalam meningkatkan efesiensi dan efektifitas pekerjaan. Era saat ini, banyak rumah sakit tidak menyadari berapa banyak informasi telah didapat dan diproses serta didistribusikan baik secara akurat dan tepat waktu. Di bidang kesehatan terutama Rumah Sakit sangat membutuhan Sistem Informasi Akuntansi dan Bisnis Prosesnya untuk meningkatkan kualitas pelayanan bagi masyarakat untuk menyongsong ‘Indonesia Sehat 2011’.
Untuk memenuhi kebutuhan rumah sakit dalam rangka memastikan setiap proses bisnis di dalam rumah dapat berjalan secara rapi, maka diperlukan peningkatan keahlian dan kompetensi melalui suatu pelatihan penyusunan manual sistem informasi akuntansi dan pembentukan unit bisnis proses sistem pengendalian. Dengan penyusunan sistem informasi akuntansi rumah sakit serta pembentukan suatu fungsi business effectiveness di dalam suatu rumah sakit dimana fungsi tersebut yang bertugas menyusun proses bisnis termasuk sistem pengendalian internal rumah sakit diharapkan setiap aktivitas dan kegiatan di dalam rumah sakit hingga pertanggungjawabannya tercermin dalam laporan keuangan dapat berjalan secara efektif dan efisien sehingga mendukung tujuan, visi serta misi rumah sakit dapat tercapai.

MATERI KURSUS

•Pengertian Sistem Pengendalian Internal Rumah Sakit
•Tujuan Pengendalian Internal Rumah Sakit
•Unsur-Unsur Pengendalian Internal Rumah Sakit
•Bisnis Proses dan Proses Bisnis Rumah Sakit
•Sistem Pengendalian Internal Rumah Sakit
•Unit Bisnis Proses Rumah Sakit
•Proses dan Dukungan Manajemen Keseluruhan Rumah Sakit
•Dukungan dan Proses Manajemen Rumah sakit
•Manajemen Kualitas Rumah Sakit
•Kebijakan Manajemen Resiko Rumah Sakit
•Pengendalian Internal Pelaporan Keuangan Rumah Sakit
Good Corporate Management

FASILITAS

Certificate, Training Module (Hard and Soft copy (USB Flash Disk), Stationeries: NoteBook and Ballpoint, Souvenir (Jacket or waistcoat or T-Shirt), Bag or backpackersTraining Photo, Training room with full AC facilities and multimedia, Once lunch and twice coffeebreak every day of training, Qualified instructor, Transportation for participants from hotel of participants to/from hotel of training.

TIME & VANUE

Tanggal : 06-08 April 2016
Tempat : Yogyakarta

PESERTA

Pelatihan ini ditujukan bagi pada karyawan RS bidang akuntansi dan Keuangan, Auditor Internal pada level supervisor hingga manajer.

METODE

Presentation, Discussion, Case Study, Evaluation

Informasi dan Pendaftaran

Egga

Phone/WA : 0813-4358-2804

Email : eggatraining@gmail.com

Website : Training Yogyakarta

YP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.